PROFITABILITAS



Perusahaan akan selalu berusaha untuk memperbesar laba yang diperolehnya, tetapi yang lebih penting adalah usaha untuk mempertinggi profitabilitasnya. Hal ini dikarenakan bahwa dengan laba yang besar bukanlah menjadi indikator yang mutlak bahwa perusahaan telah beroperasi secara efisien.Tingkat efisiensi dapat diukur dengan membandingkan antara laba yang diperoleh dengan kekayaan atau modal untuk menghasilkan laba tersebut.
Menurut Bambang Riyanto (2013:35) menyatakan bahwa: “Rentabilitas suatu perusahaan menunjukkan perbandingan antara laba dengan aktiva modal yang menghasilkan laba tersebut. Dengan kata lain rentabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu”.
Sedangkan menurut Sofyan Syafri Harahap (2015:304):” profitabilitas menggambarkan kemampuan perusahaan mendapatkan laba melalui semua kemampuan dan sumber yang ada seperti kegiatan penjualan, kas, modal, jumlah karyawan, jumlah cabang dan sebagainya”.
Menurut pendapat para ahli profitabilitas dapat disimpulkan bahwa kemampuan suatu perusahaan dalam menghasilkan laba pada periode tertentu dengan kemampuan dan sumber ekonomi yang ada.

Comments