PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL



Pengendalian terhadap biaya operasi mempunyai arti yang sangat penting bagi perusahaan jasa yang bertujuan mencari profit, karena efisiensi dari biaya operasi akan mempengaruhi kemampuan perusahaan tersebut dalam menghasilkan profit, dan agar efisiensi tersebut dapat tercapai maka diperluakan adanya pengendalian.
Hongren, Datar, dan Foster yang diterjemahkan oleh Desi adhariani (2008:263) menyatakan bahwa: “pengendalian biaya operasi dilakukan dengan cara membandingkan antara biaya yang sesungguhnya dengan rencana atau anggaran biaya yang telah ditetapkan dan ini merupakan bagian yang sangat penting dari proses pengendalian. Apabila timbul variance (selisih/penyimpangan) yang berarti manajemen harus mempelajari secara cermat dan melakukan penyelidikan untuk menentukan sebab-sebab dari timbulnya selisih tersebut. Hal ini dilakukan untuk menentukan tindakan koreksi apa yang akan dilaksanakan oleh manajemen untuk memperbaiki penyimpangan-penyimpangan yang terjadi”.
Menurut penyataan diatas pengendalian biaya ooperasional dapat dilakukan dengan membandingkan realisasi biaya dengan rencana anggaran biaya yang telah ditetapkan. Apabila timbul selisih maka manajemen harus melakukan penyidikan untuk mengetahui sebab timbulnya selisih tersebut guna mengevaluasi rencana anggaran biaya diperiode yang akan datang.

Comments