BIAYA



 Konsep biaya telah berkembang sesuai dengan kebutuhan akuntan, ekonom, dan insinyur. Akuntan telah mendefinisikan biaya sebagai nilai tukar, pengeluaran, pengorbanan untuk memperoleh manfaat. Dalam akuntansi keuangan, pengeluaran atau pengorbanan pada saat akuisisi diwakili oleh penyusutan saat ini atau di masa yang akan datang dalam bentuk kas atau aktiva lain. Dalam arti luas biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi, yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi atau kemungkinan akan terjadi atau kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu. Ada 4 unsur pokok dalam definisi biaya :
1.      Biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomi
2.      Diukur dalam satuan uang
3.      Yang telah terjadi atau secara potensial akan terjadi
4.      Pengorbanan tersebut untuk tujuan tertentu
Biaya merupakan salah satu faktor yang menentukan besarnya laba perusahaan disamping komponen lainnya. Adakalanya biaya (cost) digunakan dalam arti yang sama dengan istilah beban (expense). Namun, kedua istilah tersebut sebenarnya mempunyai perbedaan dimana biaya didefinisikan sebagai sumber ekonomi dalam rangka memperoleh barang atau jasa, sedangkan beban didefinisikan sebagai biaya yang telah memberikan manfaat (benefit) dan sekarang telah berakhir.
Akuntan mendefinisikan biaya (cost) sebagai suatu sumber daya yang dikorbankan atau dilepaskan untuk mencapai tujuan tertentu. Suatu biaya biasanya diukur dalam unit uang yang harus dikeluarkan dalam rangka mendapatkan barang atau jasa. Menurut Mulyadi (2014:8) : “Biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi, yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi atau kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu“.  Menurut Daljono (2011:13) “suatau pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dalam suatu uang, untuk mendapatkan barang atau jasa yang diharapkan antara memberikan keuntungan/ manfaat pada saat ini atau masa yang akan datang”.
Sedangkan menurut Siregar dkk (2013:23) “biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi untuk memperoleh barang atau jasa yang diharapkan memberi manfaat sekarang atau masa yang akan datang”. Menurut Mursyidi (2010:14) menyatakan bahwa pengertian biaya sebagai berikut:“Biaya (cost) diartikan sebagai suatu pengorbanan yang dapat mengurangi kas atau harta lainnya untuk mencapai tujuan baik yang dapat dibebankan pada saat ini maupun pada saat yang akan datang”.
Biaya merupakan unsur utama secara fisik yang harus dikorbankan demi kepentingan dan kelancaran perusahaan dalam rangka menghasilkan laba yang merupakan tujuan utama perusahaan. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya memerlukan perhatian yang sangat serius selain karena biaya juga merupakan unsur pengurangan yang sangat besar dalam hubungannya dalam pencarian laba bersih. Dalam menjalankan operasinya, setiap perusahaan memerlukan pengorbanan. Dalam istilah akuntansi, pengorbanan biasa disebut biaya. Biaya yang dikeluarkan menjadi salah satu faktor utama dalam keberhasilan pencapaian tujuan perusahaan (laba).
Dari pengertian-penngertian biaya diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa yang menjadi unsur-unsur pokok biaya adalah:
1.      Merupakan pengorbanan sumber ekonomi
2.      Dapat diukur dengan satuan uang
3.      Telah terjadi atau secara potensial akan terjadi
4.      Untuk mencapai tujuan tertentu
Pada dasarnya, biaya merupakan pengorbanan yang dikeluarkan perusahaan berupa barang (materil) maupun jasa (Immateril) dalam rangka pencapaian tujuan untuk perusahaan, sehingga dapat dimanfaatkan baik masa kini, maupun masa mendatang selama perusahaan masih menjalankan operasinya.

Comments